Senin, 23 Desember 2013

Kesehatan Anak dan Hewan Peliharaan



Memilihara hewan tentunya sangat menyenangkan. Banyak orang memelihara hewan karena mereka mampu menghilangkan kejenuhan pada saat bekerja. Akan tetapi hal tersebut wajib diwaspadai jika Anda sekalian memlihara anak kecil. Memelihara hewan ternyata memiliki dampak negatif bagi anak-anak.Seperti dilansir oleh cdc.gov anak kecil di bawah usia lima tahun biasanya sangat sensitif terhadap hewan peliharaan. Mereka bisa terserang penyakit yang cukup serius akibat bersentuhan langsung dengan hewan peliharaan.
Pasalnya, kotoran hewan yang biasanya menempel di tubuh atau bulu mereka merupakan sumber penyakit bagi anak. Terleih lagi kebiasaan anak yang jarang mencuci tangan dan langsung memegang mulut mereka semakin mudah terserang penyakit.
Jika ingin memelihara hewan sebaiknya orang tua wajib memperhatikan beberapa hal di bawah ini.
Pertama sebagai orang tua Anda wajib mendampingi anak yang masih berusia lima tahun pada saat mereka bermain dengan hewan peliharaan. Hal ini jelas bertujuan untuk mencegah hal-hal yang kurang diinginkan.
Sembari mengawasi hal berikut yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai memperbolehkan anak mencium atau meletakkan tangan mereka ke mulut setelah memegang hewan peliharaan. Pasalnya, hal ini lah yang nanti akan menularkan penyakit dari hewan ke putra dan putri Anda.
Setelah bermain, jangan lupa cuci tangan anak Anda menggunakan sabun. Yang terakhir, bagi ibu diharapkan mencuci tangan sebelum mereka menyusui anak-anak mereka.

0 komentar:

Posting Komentar