Senin, 23 Desember 2013

Kenali Sebab Anak Terlambat Berjalan

Terkadang orangtua sangat cemas bila mengetahui anak terlambat berjalan. Belum lagi kalau mendengarkan beberapa mitos yang tidak benar tentang anak yang terlambat berjalan. Wah, bisa tambah runyam urusannya.

Sebenarnya, kenapa sih beberapa anak sampai terlambat berjalan dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya? Nah, berikut ini penjelasannya.

Melalui babyzone.com , Dr. Daniel Brennan, seorang dokter anak di Sansun Cllinic and Cottage Children’s Hospital di Santa Barbara, California menyimpulkan alasannya. Ia mngatakan bahwa ada beberapa faktor yang mungkin bisa menyebabkan anak terlambat berjalan.

Beberapa faktor tersebut diantaranya kelainan saraf otak, kelainan genetik, dan juga proses metabolis dalam tubuh. Nah, memang tidak semua kasus-kasus anak telat berjalan disebabkan oleh faktor-faktor tersebut, namun bisa juga karena ada masalah pada tulang mereka. Kasus seperti ini harus mendapatkan penanganan dari dokter anak spesialis tulang.

Terkadang, keterlambatan anak untuk berjalan ini juga dibarengi perkembangan lainnya, yang berhubungan dengan fisik anak. Kebanyakan anak yang terlambat duduk, juga akan terlambat berjalan.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah anak terkadang lebih fokus untuk mengembangkan kemampuan tertentu. Dan proses ini berbeda-beda untuk setiap anak. Misalnya, ada yang lebih cepat berbicara, namun terlambat berjalan. Ada juga yang sebaliknya.

Nah, inilah yang harusnya diperhatikan oleh orangtua. Jangan terlalu khawatir, namun juga jangan terlalu meremehkan.

Untuk itu, ada baiknya kita memeriksakan kondisi anak kita ketika dia terlambat berjalan. Sekedar untuk memastikan apakah dia baik-baik saja atau memang memiliki masalah

0 komentar:

Posting Komentar