Jumat, 20 Desember 2013

Cikal bakal rekam medis

Cikal bakal Rekam Medis
Goresan, lukisan, ataupun lambang-lambang tulisan yang merupakan catatan yang menggambarkan tentang ilmu medis dan kesehatan belum dapat kita sebut sebagai catatan Rekam Medis seperti apa yang kita jumpai pada zaman modern ini. Namun demikian walaupun wujudnya masih sangat primitif, catatan yang pada saat penulisannya dulu mungkin hanya diperuntukkan bagi kepentingan pribadi si penulis ternyata menjadi suatu peninggalan penting yang mampu memberi informasi tak ternilai bagi kita tentang ilmu kedokteran beserta perkembangannya . Ini membuktikan bahwa suatu yang dicatat / direkam dan disimpan serta dipelihara dengan baik, dapat dijadikan sumber ilmu atau bahan yang berguna di kemudian hari. Nampak jelas bahwa sejak zaman dahulu “Records” khususnya Medical Records menduduki tempat yang penting di dalam ilmu kedokteran, di bidang pelayanan medis, sama pentingnya seperti obat di bidang pelayanan penyembuhan.
ZAMAN PRIMITIF PALEOLITHICUM
Ditemuinya lukisan berwarna-warni yang berkilauan pada dinding Goa Old Stone Age yang berasal dari zaman  25000 BC . Walaupun lukisan ini belum menggambarkan secara khas hal-hal yang berkaitan dengan penyakit dan pengobatan, namun dari cara-cara mereka memilih bagian tubuh hewan sebagai sasaran penusukan, sedikitnya telah menunjukkan bahwa sudah ada pemahaman tentang letak organ-organ vital di dalam tubuh.
Selain itu pada Goa Paleolithic sejenis di Spanyol ditemui lukisan bayangan hitam yang menggambarkan tindakan trephanasi dan amputasi tulang jari tangan.
Lukisan berupa goresan dan pahatan pada dinding batu karya manusia pada zaman 12000- 14000 BC menunjukkan bahwa pada masa itu manusia telah mengenal pengobatan dengan menggunakan produk alam seperti ramuan dedaunan, olesan tepung, bubur bedak serta diet makanan. Disamping itu telah dilakukan pengobatan dengan tindakan psikoterapi dan fisioterapi.
ZAMAN MESOPOTAMIA (  4000 BC)
“HAMMURABI CODE”. Ditemukan di Iran tahun 1901- 1902 oleh seorang arkeolog Peancis.Kode Hammurabi ditulis pada Batu Diorits setinggi 2 meter, dan berasal dari zaman 1800-1700BC. Kode tersebut mengandung 282 undang-undang yang terbagi dalam 10 kelompok. Diantaranya kelompok ke 7 nomor 215-240 mencantumkan undang-undang tentang profesi kedokteran. Ini adalah legislasi Pertama dari profesi medis yang kita kenal sampai saat ini.
ZAMAN CINA KUNO (2700 BC – 1644)
Pada zaman Cina Kuno ilmu kedokteran terutama ilmu pengobatan telah berkembang sejak tahun 2700 BC.
Tokoh yang terkenal adalah :
Kaisar Shen Nung (2737BC) yang sangat terkenal dengan Pentsao yakni ilmu pengobatan herbal yang terbesar.
Kaisar Huang Tie (2697 BC) terkenal dengan Neiching , yang mendapat julukan dengan Kanon Pengobatan. Karya tulis peninggalan Cina kuno ditulis di atas bambu dengan idiogram mirip heiroglyph.
Dinasti Sung tahun 1241: Hsi Yuan Lu mengembangkan ilmu kedokteran Forensik untuk keperluan pengadilan.
Kaisar Kian Lung (1644) :mewariskan ensiklopedia yang terdiri dari 40 jilid buku. Yang disebut dengan The Golden Mirror of Medicine. Isinya banyak mengenai metode pengobatan seperti massage, operasi manipulasi dan seni pengobatan akupunktur.

0 komentar:

Posting Komentar