Jumat, 20 Desember 2013

Rekam Medis



Perkembangan yang sangat turbulen dalam pelayanan kesehatan saat ini mengharuskan setiap pemberi pelayanan kesehatan segera dapat memenuhi keinginan  pelanggannya. Untuk mendukung pelayanan kesehatan tersebut tergabung dalam data kesehatan yang dinamakan Rekam Medis. Perubahan paradigma rekam medis menjadi informasi kesehatan adalah sumber data dalam perencanaan rumah sakit.
Tujuan penyelenggaraan rekam medis rumah sakit adalah untuk menunjang tertib administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit

Dari tujuan diatas terdapat tujuh aspek kegunaan rekam medis yaitu : aspek administrasi, aspek medis,aspek hukum, aspek penelitian, aspek pendidikan dan aspek dokumentasi. Tujuan dan kegunaannya masih terbatas pada aspek pelayanan dan hal-hal yang terkait dengan pelayanan itu sendiri.Belum terlihat tentang adanya fungsi manajemen, dimana aspek manajemen ini yang menjadikan fungsi rekam medis kontribusinya lebih bermakna.
Rekam Medis merupakan salah satu pilar yang sangat penting yang tidak bisa dianggap sepele dalam suatu Rumah Sakit, dengan perkembangan ilmu kedokteran, hukum kesehatan dan perkembangan teknologi ditambah lagi dengan pasien / masyarakat yang lebih pintar dan kritis mengenai hak-haknya, sehingga penyelenggaraan rekam medis harus dikelola dengan personil –personil yang profesional.
Beberapa layanan kepada pasien dan masyarakat yang telah diberikan adalah kelengkapan dalam : sertifikat medis penyebab kematian, keterangan lahir, pengisian formulir asuransi, data mutu dan efisiensi layanan LKPAM, BOR, LOS, TOI, BTO, NDR dan GDR.
Untuk menghasilkan rekam medis yang baik, benar dan akurat dan lengkap serta dapat dipertanggungjawabkan  sangat dipengaruhi oleh kerjasama yang baik : dokter – dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, ahli radiologi dan tenaga kesehatan lainnya

0 komentar:

Posting Komentar