LATAR BELAKANG
— Standar kebutuhan dan tuntutan sistem yan yg
blm selaras dg Iptekdok
— Pendidikan dan sosek masy.à sistem nilai dan orientasi berubah
PENGERTIAN
MUTU
Efektif
Efisien
Aman
Kompetensi
tehnik yaitu pelayanan yang dilaksanakan oleh mereka-mereka yang berkompeten
untuk hal tersebut.
Dapat dicapai
Kesinambungan dalam pelayanan
Adanya hubungan interpersonal yang baik
Adanya kenyamanan yaitu pelayanan
1. Pembatasan
yang lain yaitu pembatasan tehnik
à
bila pelayanan- pelayanan yang diberikan
memenuhi
kriteria-kriteria sesuai dengan
suatu
standar yang sudah disepakati.
2. Pembatasan yang lain
adalah
pembatasan etika àpemuasan
terhadap
konsumen atau
penderita tetapi harus sesuai dengan
batas-batas yang diperkenan oleh etika
MUTU
Sesuai dengan standar profesi yang berlaku, sesuai
dengan etika dan memuaskan pasien sesuai kepuasan rata-rata, selain
memperhatikan segi keterjangkauan .
Departemen Kesehatan
a. Tingkat kesempurnaan suatu produk atau jasa
b. Expertise atau keahlian dan keterikatan ( Commitment) yang selalu dicurahkan
pd pekerjaan
c. Kegiatan tanpa salah dalam melakukan pekerjaan
a. Tingkat kesempurnaan suatu produk atau jasa
b. Expertise atau keahlian dan keterikatan ( Commitment) yang selalu dicurahkan
pd pekerjaan
c. Kegiatan tanpa salah dalam melakukan pekerjaan
MUTU
PELAYANAN RUMAH SAKIT
— Derajat
kesempurnaan pelayanan RS untuk memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen akan
pelayanan kesehatan
— Sesuai
dengan standar profesi dan standar pelayanan
— Menggunakan
potensi sumber daya di RS secara wajar, efisien dan efektif
— Diberikan
secara aman dan memuaskan sesuai dengan norma, etika, hukum dan sosio budaya
dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah dan masyarakat
konsumen
DIMENSI
MUTU
§
KEPROFESIAN
§
EFISIENSI
§
KEAMANAN PASIEN
§
KEPUASAN PASIEN
§
ASPEK SOSIAL BUDAYA
MUTU TERKAIT DENGAN INPUT / STRUKTUR, PROSES
DAN OUTCOME
— INPUT / STRUKTUR:
SDM, Sumber Daya Fisik, Keuangan dan sumber-sumber lain pada
fasilitas pelayanan RS ( Wajar, kuantitas, biaya dan mutu)
— PROSES :
Apa yang dilakukan dokter dan tenaga
profesi yang lain terhadap pasien , evaluasi, diagnosis, perawatan, konseling,
pengobatan, tindakan, penanganan jika terjadi penyulit, follow up (relevansi
dengan pasien, efektifitas dan mutu proses)
§ OUTCOME:
Hasil akhir kegiatan dan tindakan dokter
dan tenaga profesi lain terhadap pasien dalam arti perubahan derajat kesehatan
dan kepuasannya serta kepuasan provider(pemberi jasa kesehatan
TINGGI
RENDAHNYA MUTU DIPENGARUHI :
§ Sumber daya
rumah sakit
§
Interaksi pemanfaatan dari sumber daya
rumah sakit
MANAJEMEN MUTU
§ Merupakan
suatu cara manajemen yang mendasar.
§ Masalah
mutu harus meresap kesemua segi manajemen (segi tehnik medik, biaya, etika)
MANAJEMEN MUTU DITUJUKAN :
§
Peningkatan taraf kesehatan
§
Tercapainya efisiensi
§
Terhindarnya dari
penuntutan-penuntutan
§
Kepuasan staf rumah sakit
§
Peningkatan moral dari seluruh staf
MANAJEMEN
MUTU
Ë Aspek
manajer/ manajemen
Ë Aspek
pasien sebagai customer termasuk perubahan-perubahan paradigma
Ë Aspek
hubungan pasien dengan dokter & Rumah sakit
Ë Aspek
perubahan-perubahan luar dan perkembangan tehnologi
MANAJEMEN MUTU
§ Secara
esensial mencakup keputusan-keputusan atau intervensi-intervensi apa saja yang
akan membawakan hasil terhadap kesehatan pasien
§ Pengukuran-pengukuran
harus bisa dilaksanakan, untuk mengetahui apakah intervensi-intervensi tersebut
telah dilaksanakan secara benar
MANAJEMEN MUTU
§ Mengetahui
perbedaan atau gap antara yang seharusnya dan yang telah ada sekarang
§ Memperbaiki
kembali intervensi-intervensi yang dilakukan agar:
* Mendapatkan hasil yang lebih
baik atau
* Gap-nya menjadi berkurang/nol/tidak ada
§ Memikirkan
tidak hanya dari segi Kesehatan penderita dan kepuasan tetapi juga efisiensi
atau biaya yang terkendali.
PROGRAM PELAYANAN YANG BERMUTU:
- Harus dimulai dengan kesadaran untuk bekerja dengan upaya setinggi-tingginya ( semangat dan motivasi yang tinggi)
- Peningkatan pengetahuan dan Ketrampilan
- Peningkatan manajemen.
- Manajemen perusahaan à memberikan layanan bagi karyawan dalam arti harus membantu karyawan untuk belajar, berkembang, berkontribusi, dan menjadi unggul (to lern, grow contribute, and excel).
- Manajamen à karyawan yang puas dengan pekerjaannya akan menghasilkan costumers yang puas, karena karyawan yang bahagia akan lebih memperdulikan kebutuhan costumers.
- Manajemen à mutu produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan sangat tergantung pada karyawan yang diberdayakan (empowered), dilatih, dan diakui serta puas dengan pekerjaannya.
Definisi operasional “REKAM MEDIS “ ?
DEFINISI (Pasal 46 ayat 1 UUPK)
—
Rekam medis adalah berkas yg berisikan
catatan dan dokumen ttg : identitas
pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan , & pelayanan lain yg tlh
diberikan kepada pasien.
MANFAAT RM
—
PENGOBATAN PASIEN
—
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN
—
DIKLIT
—
PEMBIAYAAN
—
STATISTK KESEHATAN
—
PEMBUKTIAN MASALAH HUKUM, DISIPLIN DAN
ETIK
0 komentar:
Posting Komentar