Jumat, 20 Desember 2013

MANAJEMEN MUTU REKAM MEDIS

LATAR BELAKANG

Standar kebutuhan dan tuntutan sistem yan yg blm selaras dg Iptekdok
Pendidikan dan sosek masy.à sistem nilai dan orientasi berubah








PENGERTIAN MUTU


*  Efektif
*  Efisien
*  Aman
*      Kompetensi tehnik yaitu pelayanan yang dilaksanakan oleh mereka-mereka yang berkompeten untuk hal tersebut.
*  Dapat dicapai
*  Kesinambungan dalam pelayanan
*  Adanya hubungan interpersonal yang baik
*  Adanya kenyamanan yaitu pelayanan


1.  Pembatasan yang  lain yaitu pembatasan  tehnik 
  à bila  pelayanan- pelayanan  yang diberikan  
      memenuhi kriteria-kriteria sesuai dengan  
      suatu standar yang   sudah disepakati.
2.  Pembatasan yang lain
   adalah pembatasan etika àpemuasan terhadap
   konsumen atau penderita tetapi harus sesuai  dengan batas-batas yang diperkenan oleh etika


MUTU
Sesuai dengan standar profesi yang berlaku, sesuai dengan etika dan memuaskan pasien sesuai kepuasan rata-rata, selain memperhatikan segi keterjangkauan .

Departemen Kesehatan
a. Tingkat kesempurnaan suatu produk atau jasa
b. Expertise atau keahlian dan keterikatan ( Commitment) yang selalu dicurahkan
    pd pekerjaan
c. Kegiatan tanpa salah dalam  melakukan pekerjaan


MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT

Derajat kesempurnaan pelayanan RS untuk memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen akan pelayanan kesehatan
Sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan
Menggunakan potensi sumber daya di RS secara wajar, efisien dan efektif
Diberikan secara aman dan memuaskan sesuai dengan norma, etika, hukum dan sosio budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah dan masyarakat konsumen

DIMENSI MUTU

§  KEPROFESIAN
§  EFISIENSI
§  KEAMANAN PASIEN
§  KEPUASAN PASIEN
§  ASPEK SOSIAL BUDAYA
             
MUTU TERKAIT DENGAN INPUT / STRUKTUR, PROSES DAN OUTCOME
INPUT / STRUKTUR:
        SDM, Sumber Daya  Fisik, Keuangan dan sumber-sumber lain pada fasilitas pelayanan RS ( Wajar, kuantitas, biaya dan mutu)
PROSES :
        Apa yang dilakukan dokter dan tenaga profesi yang lain terhadap pasien , evaluasi, diagnosis, perawatan, konseling, pengobatan, tindakan, penanganan jika terjadi penyulit, follow up (relevansi dengan pasien, efektifitas dan mutu proses)

§     OUTCOME:
        Hasil akhir kegiatan dan tindakan dokter dan tenaga profesi lain terhadap pasien dalam arti perubahan derajat kesehatan dan kepuasannya serta kepuasan provider(pemberi jasa kesehatan

TINGGI RENDAHNYA MUTU DIPENGARUHI :
§ Sumber daya rumah sakit
§ Interaksi pemanfaatan dari sumber daya rumah sakit

MANAJEMEN MUTU
§ Merupakan suatu cara manajemen yang mendasar.
§ Masalah mutu harus meresap kesemua segi manajemen (segi tehnik medik, biaya, etika)

MANAJEMEN MUTU DITUJUKAN :
§  Peningkatan taraf kesehatan
§  Tercapainya efisiensi
§  Terhindarnya dari penuntutan-penuntutan
§  Kepuasan staf rumah sakit
§  Peningkatan moral dari seluruh staf


MANAJEMEN MUTU
Ë Aspek manajer/ manajemen
Ë Aspek pasien sebagai customer termasuk perubahan-perubahan paradigma
Ë Aspek hubungan pasien dengan dokter & Rumah sakit
Ë Aspek perubahan-perubahan luar dan perkembangan tehnologi



MANAJEMEN MUTU
§  Secara esensial mencakup keputusan-keputusan atau intervensi-intervensi apa saja yang akan membawakan hasil terhadap kesehatan pasien
§  Pengukuran-pengukuran harus bisa dilaksanakan, untuk mengetahui apakah intervensi-intervensi tersebut telah dilaksanakan secara benar
MANAJEMEN MUTU
§  Mengetahui perbedaan atau gap antara yang seharusnya dan yang telah ada sekarang
§  Memperbaiki kembali intervensi-intervensi yang dilakukan agar:
  * Mendapatkan hasil yang lebih baik atau
  * Gap-nya menjadi berkurang/nol/tidak ada
§  Memikirkan tidak hanya dari segi Kesehatan penderita dan kepuasan tetapi juga efisiensi atau biaya yang terkendali.


PROGRAM PELAYANAN YANG BERMUTU:
  1. Harus dimulai dengan kesadaran untuk bekerja   dengan upaya setinggi-tingginya ( semangat dan motivasi yang tinggi)
  2. Peningkatan pengetahuan dan Ketrampilan
  3. Peningkatan manajemen.

































  • Manajemen perusahaan à memberikan layanan bagi karyawan dalam arti harus membantu karyawan untuk belajar, berkembang, berkontribusi, dan menjadi unggul (to lern, grow contribute, and excel).
  • Manajamen à karyawan yang puas dengan pekerjaannya akan menghasilkan costumers yang puas, karena karyawan yang bahagia akan lebih memperdulikan kebutuhan costumers.
  • Manajemen à mutu produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan sangat tergantung pada karyawan yang diberdayakan (empowered), dilatih, dan diakui serta puas dengan pekerjaannya.


Definisi operasional “REKAM MEDIS “ ?

DEFINISI (Pasal 46 ayat 1 UUPK)

Rekam medis adalah berkas yg berisikan catatan dan dokumen  ttg : identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan , & pelayanan lain yg tlh diberikan kepada pasien.


MANFAAT RM
PENGOBATAN PASIEN
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN
DIKLIT
PEMBIAYAAN
STATISTK KESEHATAN
PEMBUKTIAN MASALAH HUKUM, DISIPLIN DAN ETIK

0 komentar:

Posting Komentar