Jumat, 27 Desember 2013

Sistem Informasi Rekam Medis Elektronik

Sistem informasi rekam medis elektonik atau disebut dengan virtual patient record atau electric medical record ini digunakan untuk mengelola informasi rekam medis pasien, sehingga memudahkan untuk menelusur balik informasi, termasuk sejarah penyakit dan tindakan medis yang pernah diterima, dan menggunakannya untuk mengambil tindakan medis yang tepat. Secara umum, Sistem informasi ini dapat didefinisikan sebagai informasi kesehatan individu yang disimpan dalam bentuk digital yang mempunyai sebuah penanda unik setiap individu (Raghupati,1997).
Sistem informasi rekam medis memungkinkan pengguna untuk mengisikana, menyimpan, memanggil-ulang, mentransmisikan, dan memanipulasi/ mengolah data pasien secra spesifik, baik per individu maupun secara kelompok, termasuk data klinis, administrative, dan demografi. Hal ini akan meminimalkan potensi duplikasi data dan mengurangi biaya dalam pengelolaan.
Sistem informasi ini digunakan dilingkungan rumah sakit atau lembaga penyedia layanan kesehatan lain yang menangani pasien secara langsung. Pada masa yang akan datang, sistem informasi ini seharusnya dapat terjadi inter-operabilitas antar rumah sakit. Rekam medis ini terkait dengan banyak aktivitas pelayanan kesehatan dan pengembangan sistem informasi kesehatan lain.

0 komentar:

Posting Komentar